Thursday, August 20, 2009

4 Konsep Dasar Statistika

1. Parameter
apa itu parameter? Parameter adalah angka yang diambil dari POPULASI. Apa itu populasi? Populasi itu keseluruhan objek yang ingin kita amati

2. Statistik
apa itu statistik? apa bedanya dengan statistika? yang satu pake "a" yang satu enggak ... pinter ...
statistik itu angka yang diambil dari SAMPEL. Statistika itu the science of pattern of data. gampangannya begitu. statistik itu angka, statistika itu ilmu mengenai data.

3. Error
humm ... error itu (dalam statistika) kurang lebih selisih antara parameter dan statistik.

4. Distribusi Frekuensi
nah ... yang satu ini adalah pola seluruh kejadian yang mungkin terjadi dari populasi.

keempat konsep itu muaranya ke PROBABILITAS a.k.a. teori Peluang.

apa itu probabilitas? probabilitas itu kemungkinan ... biar lebih jelas ni ada dua contoh.

Contoh pertama, di FarmVille aku punya 6 ayam. Xi = berat ayam ke-i dalam kilogram, untuk i = 1,2, ... 6
X1= 7 X2=6 X3=7 X4=8 X5=7 X6=7

Aku pengen tahu rata-rata keenam ayam itu u=7. Nah nilai rata-rata ini termasuk parameter.

Ketika aku ambil sampel ayam ke-1 dan ayam ke-2, trus aku itung rata-ratanya, Xbar=6.5. Nah nilai rata-rata yang ini adalah statistik.

Keliatan kan ada beda antara statistik dan parameter? kebetulan aja beda. Inilah error-nya. Bisa jadi kalo sampelnya aku ambil ayam ke-1 dan ayam ke-3 statistiknya sama dengan parameternya.

Yang "bisa jadi bisa jadi" seperti ini namanya probabilitas.

Contoh kedua, kalo aku timbang uang receh Rp. 100 gambar burung kakatua beratnya 1,8 gr. Apakah aku bisa bilang semua uang receh Rp. 100 gambar burung kakatua yang dikeluarin BI beratnya 1,8 gr? Nggak kan. Karena bisa jadi ...

Nah itu namanya probabilitas, kemungkinan.

Pola kemungkinan seluruh kejadian itu namanya distribusi frekuensi. Yang paling terkenal tentu Distribusi Normal.

Untuk bisa mengatakan rata-rata uang receh Rp. 100 gambar burung kakatua yang dikeluarkan BI beratnya berapa, statistika punya cara. Namanya Statistika Inferensial. Itu untuk pertemuan berikutnya ... soalnya udah satu jam ...

Sampai jumpa :)

1 comment:

Herman Saksono said...

Ka, mbok coba kamu kaitkan dengan statistik tes DNA itu ka.