Friday, July 20, 2012

Saya dan Internet

-copas dari notes fb dgn sedikit tambahan

Saya Bapak Rumah Tangga, stay at home father, nemenin istri sekolah di Baltimore (US). Tapi punya kerjaan sampingan, kalo' malam bekerja online sebagai pegawai virtual untuk CIHE UGM (Indonesia).

Jadi... siang namanya Tono kalo malem Tini, eh.

Awalnya saya sendiri berpikir, "ha ngapain aja ya kerja online begitu, apa ya ada keren-kerennya?" atau mungkin beberapa orang juga berpikir gitu, "kasian amat ini orang gk punya kerjaan"

But, Internet provides you access. Internet provides you information.

Rabu pagi tanggal 18 Juli, saya buka email dan mendapati sebuah letter of acceptance dari sebuah konferensi internasional yang sebenernya sudah saya ikhlaskan kalo' nggak keterima karena katanya mau diumumin tanggal 16 Juli. Jadi tanggal 17 Juli sore, saya udah bilang sama temen nulis saya, "udah deh ikhlasin aja".

Hari itu saya bersyukur, campur excited, campur deg-degan karena paper saya yg saya tulis atas nama CIHE UGM keterima di konferensi internasional. Buat saya, ini artinya Bapak Rumah Tangga ternyata bisa juga ikut konferensi internasional dengan lantaran internet.

Saya Bapak Rumah Tangga, sehari-hari cuci piring, bikin pai apel untuk anak saya dan kadang-kadang nyethuk di dapur nglencepin kedele buat bikin tempe sampe 6 jam...

Mungkin itu juga sebagian yang bikin saya deg-degan ikut konferensi internasional... misalnya ditanya "what do you do?" kalo mau dijawab polos ya "stay at home father", well but it'll be kinda weird tho.

ah ngelantur.

Premis saya sebenernya: beri orang akses, beri orang informasi, beri orang kesempatan berkolaborasi, beri orang fasilitas untuk belajar maka yang sekedar Bapak Rumah Tangga macam saya pun bisa melakukan sesuatu untuk orang lain, selain ngurusin anak sama rumah.

No comments: