Monday, September 09, 2013

Perpanjangan SIM di Polres Sleman

Kapan itu saya pernah janji mau nulis pengalaman perpanjangan SIM di Polres Sleman akhir Agustus. Tapi Agustus-nya udah lewat baru keinget belum posting pengalaman perpanjangan SIM pas pulang ke Indonesia kemaren.

Pertama yang pengen saya garisbawahi: asal nggak telat perpanjangan SIM sekarang cepet banget. Nggak usah pake calo. Yang penting datang pagi.

Di Polres Sleman, kantor perpanjangan SIM-nya buka dari jam8.30 sampe jam11.00. Saran saya, ya dateng jam8.15. Lho kok disuruh dateng 15 menit sebelum kantornya buka? Iya biar lebih cepet seleseinya.

Apa aja yang perlu disiapkan sebelum dateng ke Samsat Sleman?
1. Bolpen
2. Fotokopi KTP 1x
3. Fotokopi SIM 1x
4. SIM asli

Datang aja jam8.15 trus ntar jangan ke kantor layanan SIM, keluar dulu dari Samsat -jalan kaki aja, motornya diparkir di Samsat-, nyebrang jalan ambil Kir Dokter. Kir Dokternya bayar Rp. 20.000. Pas di Kir Dokter, serahin fotokopi KTP + SIM-nya. Nah kalo udah dapet Kir Dokter yang ditempelin ke fotokopian KTP & SIM kita, balik ke Samsat-nya

Berikut prosedur perpanjangan SIM di Samsat Sleman:

1. Berkas2 (fotokopi KTP, fotokopi SIM, dan Kir Dokter) dikumpulin di meja informasi di dekat pintu masuk kantor layanan SIM. Trus nunggu dipanggil sekitar 15 menit. Kurang lebih. Ya tergantung banyak nggak yang bareng kita juga sih.

2. Setelah dipanggil sama meja informasi dan dibalikin berkas2-nya, ntar kita disuruh bayar biaya perpanjangan SIM di Loket BRI. Perpanjangan SIM A bayar Rp. 80.000, perpanjangan SIM C Rp. 75.000.

3. Setelah bayar di Loket BRI, berkas2+kuitansi pembayaran dikumpulin di Loket 1. Trus nunggu nama kita dipanggil sama Loket 2A. Lama nunggunya variatif antara 5 - 35 menit. Tergantung antrian lagi. Makanya lebih pagi datengnya lebih baek.

4. Setelah dipanggil sama Loket 2A, ngisi formulir yang dikasihin sama Loket 2A. Di tahapan inilah bolpen kita diperlukan hehehe. Kalo lupa nggak bawa bolpen jangan khawatir, di Samsat Sleman ada mantan calo yang jualan bolpen. 1 buah bolpen Rp. 2.000.

5. Setelah formulir-nya diisi lengkap, kumpulin ke Loket 2B, ntar dikasi nomor antrian. Trus nunggu lagi... sekitar 15 menitan. Tapi kadang lebih cepet. Lagi-lagi tergantung banyaknya antrian.

6. Pasang telinga baik-baik ketika nomor kita dipanggil dari Loket III buat foto. Biasanya dipanggilnya rombongan misalnya dari nomor 10 sampe nomor 19. Atau kadang-kadang dipanggilnya random. Kadang-kadang dipanggil nama, bukan nomor. Random abis pokoknya XD.

7. Proses di Loket III sekitar 5-10 menit. Trus ntar kita nunggu lagi nama kita dipanggil dari Loket IV, loket pengambilan SIM. Yang ini nunggunya nggak begitu lama. Cuma sekitar 5 menitan. Dan, udah deh. Jadi.

Dari pengalaman saya perpanjangan SIM kemaren proses totalnya sekitar 1 - 2 jam aja. Pokoknya (halah pokoknya), datang lebih pagi, lebih baek.

Bravo Samsat Sleman, pelayanan SIM-nya sudah relatif lebih baik. Yang kurang cuma papan-papan informasi yang informatif. Banyak sih papan informasi, tapi kurang informatif.

1 comment:

Anonymous said...

Masak secepet itu sih,ini saya hari ini perpanjangan masuk jam 9 keluar jam setengah 2.