Saturday, September 19, 2015

Kiblat

Pada suatu hari, seorang jamaah masjid As-Salaam Lexington Market bertanya kenapa kiblat kita menghadap "North East" (Timut Laut) padahal kalau lihat di peta/atlas harusnya menghadap "South East" (Tenggara) karena Baltimore itu letaknya di utara Mekah. Pertanyaannya cukup masuk akal.

Pertanyaan yang sama juga bisa muncul dari pengalaman terbang dari Dulles Airport ke Dubai, misalnya. Pesawat selalu terbang ke arah timur laut ...

Saya tidak bisa menjelaskan panjang lebar mengapa ... lebih baik dilihat sendiri pada tiga foto berikut:

Foto 1

Foto 2

Foto 3

Kalau kita punya sebuah bola dunia mini dan karet gelang, karet yang dilingkarkan pada bola dunia akan menunjukkan garis terlurus dan terpendek di antara dua lokasi. Dan ternyata kalau dari Baltimore terbang ke arah timur laut memang sampainya ke Mekah di semenanjung Arab.

Atlas yang biasa kita punya adalah proyeksi 2D dari bumi yang berbentuk bola. Jadi mungkin agak sulit membayangkan bahwa jarak terpendek dan terlurus antara Baltimore-Mekah itu memang benar sesuai kiblat timur laut, bukan ke arah tenggara kalau acuannya atlas. Representasi 3D membantu kita memahami permasalahan ini dengan lebih jelas.

No comments: