Wednesday, June 19, 2019

Tentang Keyakinan Lagi

Masih tentang keyakinan, salah satu ahli yang membahas tentang bagaimana keyakinan membentuk perilaku seseorang adalah Albert Bandura. Menurut Bandura dalam teori kognitif sosial, "people act on outcome beliefs, but their actions are not always designed to optimize benefits" (Bandura, 1986, p.232).

Teori tersebut 'menjelaskan' banyak hal yang saya tidak pahami dari perilaku orang. Teori tersebut membuat saya percaya bahwa perilaku seseorang itu tidak selamanya 'make sense' dari sudut pandang kita. Istilah orang sini 'you do you'.

Bagi saya pribadi, selama perilaku orang lain itu tidak 'imposing' ataupun 'obstructing' kegiatan orang lain sih nggak ada masalah walaupun bagi saya nggak 'make sense'. Karena ya itu tadi sih ya, tidak selamanya segala sesuatu itu harus 'make sense' menurut saya.

No comments: