Thursday, July 09, 2009

CIRCLE of Imagination

Karena nyari mood buat nulis yang lebih terstruktur nggak dapet-dapet, makanya aku tulis acak aja di sini.

CIRCLE of Imagination adalah prinsip pengembangan eksperimentasi sains sederhana yang selama ini dipakai di the hiddenleaf shinobies. Prinsip ini adalah saripati dari pekerjaan the hiddenleaf shinobies selama lima tahun terakhir.

Ketika berkutat dalam pengembangan eksperimentasi sains sederhana, kami menyadari bahwa ada sesuatu yang sangat krusial yang menjiwai semua penciptaan yang ada di hiddenleaf: Imajinasi. Imajinasi adalah pusat dari penciptaan. Tapi, imajinasi saja nggak cukup.

Oleh karenanya, dibutuhkan lingkungan yang kondusif, sebuah lingkungan pembelajaran yang terkondisi. Di dalam lingkungan pembelajaran inilah tiga jalan penciptaan menemukan muaranya.

Jalan pertama adalah kebetulan (coincidence). Contohnya, eksperimen paling fenomenal di hiddenleaf -punya Gholib- Api Terbang. Api Terbang ditemukan secara "tidak sengaja" pas mati lampu.

Jalan kedua adalah inkubasi (incubation). Contohnya, Balon Roket. Balon Roket ditemukan dari proses perenungan yang cukup panjang atas suatu pertanyaan: bisakah kita membuat benda terbang alternatif.

Jalan terakhir adalah rekombinasi (recombination). Banyak eksperimen hiddenleaf ditemukan melalui jalan terakhir ini. Bunga Kertas, Kapal Pasta Gigi, dll., semua berasal dari percobaan yang sudah ada tetapi menjadi "tampak baru" di hiddenleaf.

Kalo kesemua hal di atas dirangkum jadilah: Coincidence, Incubation & Recombination in Conditioned Learning Environment. See? CIRCLE of imagination.

That's THE HIDDENLEAF SHINOBIES' Way.

No comments: