Tuesday, February 21, 2012

CTP-03: How to make a good e-learning content?

Berawal dari workshop pembelajaran jarak jauh di UNY, yang saya hadiri via G-Talk dan streaming-nya SEAMOLEC, muncul pertanyaan dari peserta workshop seperti di judul: Bagaimana caranya membuat konten e-learning yang baik?

Nah, saya juga ndak bisa jawab spontan. Apalagi sesi tanya jawab semacam itu.

Oleh karenanya, berikut saya buatkan catatan kecil berbahan powerpoint yang mungkin bisa sedikit menjawab rasa ingin tahu penanya kemaren (dan penanya yang lain juga tentunya)

Sila diunduh: PPT CTP-03

Di luar catatan itu, masih ada dialektika yang tersisa sebenarnya. Yang dimaksud "konten yang baik" itu seperti apa? Apakah konten yang efektif membuat pengguna lebih mudah belajar (seperti yang dimaksud dalam catatan saya)? Ataukah konten yang baik itu konten yang indah dipandang mata?

Saya cenderung memilih yang pertama karena efektif itu lebih baik dari sekedar indah. Tapi kalau mau kemaruk ya boleh lah efektif dan juga indah. Toh tidak ada salahnya kan? Hehehe... Yang jelas kalo' gegayuhannya tinggi butuh usaha yang lebih besar #HukumKekekalanEnergi #halah #opotoyo #twittermodeon.

No comments: