Friday, February 17, 2012

Ceritanya Nana Belajar tentang Integritas

Kalo tanya ke Shech Google (Google Siti Djenar, manunggaling kawulo browser), "integrity" itu konsistensi atas perkataan, tindakan, sikap de el el seseorang. Saya pertama kali belajar kata itu waktu SMA sama mentor saya Mas Komo. Dulu sih dibilangnya, integritas itu sodara kandungnya kejujuran. Dulu membedakannya, kalo' jujur itu mengatakan apa yang dilakukan kalo' integritas itu melakukan apa yang dikatakan. Well, meskipun maknanya lebih luas dari itu tampaknya.

Nah, saya pengen ngajarin Nana soal integritas sejak kecil, karena menurut saya value ini penting.

So, sesi "integrity for toddler" itu pas sarapan sereal: saya memperbolehkan Nana mengambil sendiri berapa banyak sereal yang mau dia makan pagi itu dengan syarat nggak boleh ada sereal tersisa di mangkok dia. Ini dulu juga diberlakukan ke saya sama Mama saya. Saya boleh mengambil nasi dan lauk sebanyak yang saya mau dengan syarat saya nggak boleh nyisain makanan di piring, piring saya harus bersih. Apa yang saya ambil harus saya habisin. Mmm... walopun saya nggak ingat ada reward/punishment untuk konsekuensi-nya sih. Tapi kok ya dikasih tau begitu saja manut ya saya dulu sama Mama.

E tapi agak beda ya itu sama integritas? Ehek. Brut... batal deh.

No comments: