Sunday, November 04, 2012

Penyelam Kartesian

Pernah sih bikin postingan tentang percobaan ini di sini. Tapi berhubung diminta bikin soal PSTW dan aku rasa aku perlu ngasih tau si Ina gimana caranya bikin benda yang satu ini, nggak pa pa lah reposting.

Alat & Bahan:

Alat & bahan yang saya pakai untuk penyelam yang ini mirip sama postingan terdahulu tapi agak advance, karena pake lem silikon alias lem bakar atau lem tembak:

1. Sedotan besar (untuk minuman bubble biasanya)
2. Lem silikon
3. Korek gas
4. paku/sekrup untuk beban, 2 buah
5. Botol minuman (pas bikin ini aku pake bekas botol grape juice-nya Nana)
6. Air

Prosedur:

1. potong sedotan sepanjang 6 cm, lalu tutup salah satu ujung dengan lem silikon, dan tempelkan beban pada ujung yang lain. Seperti terlihat pada gambar berikut:

2. Masukkan penyelam ke dalam botol yang diisi air sampai penuh, tutup botol rapat-rapat, dan tekan (squeeze) botol kuat-kuat. Jika ketika penyelam dimasukkan langsung tenggelam, berarti sedotannya kurang panjang ~> ganti dengan sedotan yang lebih panjang. Jika ketika penyelam terapung ketika dimasukkan tapi tidak mau tenggelam ketika botol ditekan, berarti sedotannya kepanjangan ~> potong sedotan sedikit. Kebetulan, waktu saya coba 6 cm untuk beban sekrup yang saya punya masih kepanjangan 0.5 cm. Baru setelah saya potong sedotan jadi 5.5 cm, penyelamnya bekerja dengan baik.

Penyelam kartesian ini bagi saya lumayan epik, karena saya punya momen yang cukup berkesan di sini. Pas itu, penyelamnya pake WORTEL!!! Carved carrot tepatnya. Kalo bukan idenya si Ibnu Gholib ya siapa lagi yang bisa bikin cartesian diver dari sayuran. Hehehe.

No comments: