Thursday, November 15, 2012

Lensa Mika

Percobaan ini udah aku bikin seminggu yang lalu, apa malah dua minggu yang lalu ya bikinnya. Tapi baru sempet posting sekarang. Percobaan ini masih satu paket sama pesenan-nya si Ina bikin soal PSTW itu...

Salah satu soal PSTW kemaren melibatkan lensa. Tapi gimana caranya aku bikin lensa? Hmmm... setelah merenung di WC, kalo aku bisa bikin prisma kenapa enggak aku bisa bikin lensa. So, dengan teknik yang sama dengan teknik yang aku pake buat bikin prisma, aku bikin lensa.

Pertama aku coba bikin lensa dengan menyambung 2 mika datar yang dilengkungkan. Tapi gagal. Karena mika yang aku bikin fungsinya untuk wadah air, sambungan di lengkungan itu berantakan. Airnya bocor-bocor.

Tapi kebetulan aku notice sesuatu. Mika yang aku pake kan dari bekas wadah lampu. Nah, bohlam lampu itu kan melengkung. Kenapa enggak aku pake lengkungan yang udah jadi rather than ngelengkungin sendiri?!! So, I did it. Dengan bantuan lakban dan lem silikon, jadilah:

Trus, dengan menggunakan senter rakitan sebagai sumber cahaya kita bisa lihat kalo lensa-nya bekerja. Anyway, sekedar ninggal catetan di sini, tadinya aku pake senter kecil tapi nggak begitu keliatan-keliatan amat dan tebak siapa yang came up with the idea of using senter rakitan? Yak betul, NANA!