Sunday, December 18, 2011

CTP-01: The Guidance of Color Usage in m-Learning

Ini ceritanya gara-gara diojok2i Momon untuk nulis2 perihal ke-teknologipembelajar-an, saya berusaha memulai seri CTP (Catatan tentang Teknologi Pembelajaran a.k.a Cangkeman Tapi ora Payu). Karena udah dinomerin jugak, harapannya bisa lanjut lah. Walaupun yang namanya "catatan" mungkin ya enggak komprehensif dan sepotong-sepotong, scattered pieces.

Mari kita mulai dengan penggunaan warna dalam desain pembelajaran, secara khusus untuk multimedia , lebih khusus lagi untuk mobile learning. Kenapa saya posting ini? Karena kebetulan saya barusan baca jurnal yang isinya bakalan saya kutip di bawah.

Tapi sebelum copy paste masalah penggunaan warna tersebut, saya mau cerita sedikit.

Pemanfaatan warna dalam desain media pembelajaran kadang-kadang jadi salah satu pertanyaan besar bagi temen-temen yang suka ngutek-utek multimedia untuk pembelajaran. Misalnya nih, "enaknya aku kasih warna apa ya multimedia-ku? Biru apa merah ya?" trus "Kalo' dikasih biru kenapa, dikasih merah njuk ngopo?". Secara ... yang namanya desain itu penataan elemen untuk ketercapaian suatu tujuan.

Kalo' mau nyari penelitian terkait ini sebenernya ada banyak baik dari aspek persepsi terhadap warna ataupun dampak pemilihan warna terhadap pembelajaran. Tapi jujur aja, saya sendiri nggak tahu banyak tentang ini. E lha, kok kebetulan ada jurnal nyasar ke email saya yang isinya lumayan jhoss sebagai berikut:

***


Even though the use of color in instructional content does not necessarily result in increased learning (Pett & Wilson, 1996), the appropriate use of color does affect attention, search tasks, retention and other measures (Dwyer, 1971). As Levie (in Pett &Wilson) discovered, “Color can facilitate learning when it focuses attention on cues that might otherwise not be noticed” (p. 26).When it comes to information search, color can also help grouping information. There is some evidence that careful coordination of words and image colors can increase retention. Color is of value to cognitive learning “when it emphasizes relevant cues, is used as a coding device or when it is a part of the content to be learned” (Pett & Wilson, 1996, p. 27).

In terms of the use of colors we offer the following guidelines to designers of content for mLearning:
1. Use color to discriminate between elements of a visual.
2. Use color to focus attention on relevant cues.
3. Use colors to code and link logically related elements.
4. Be consistent in general color choices throughout content.
5. From psychological perspective, choose colors that are consistent with the instructional message and that are appropriate for the intended audience.
6. Use highly saturated colors such as red and violet to attract attention and to create an emotional response, and in content intended for young children.

As to the use of symbols, three rules to follow are:
1. Use black background with high brightness color.
2. Use white background with a low brightness color.
3. Use moderate to high brightness contrast between symbols and background.

Sumber:
Wang, M. & Shen, R. (2011) Message design for mobile learning: Learning theories, human cognition and design principles. BJET doi:10.1111/j.1467-8535.2011.01214.x


***

Meskipun secara khusus jurnal di atas memberikan rambu-rambu untuk m-Learning, tampaknya rambu-rambu itu juga bisa dipakai untuk pemanfaatan warna dalam desain pembelajaran secara umum.

Semoga bermanfaat ^_^

No comments: