Wednesday, August 22, 2012

KBB Crumbs : Kuadran & Sudut Istimewa

Menyambung pembicaraan mengenai trigonometri kemarin (dimana aku pas posting itu lagi males nggambar), di bawah ini gambar-gambar yang aku maksud. Dengan mencermati gambar itu, harapanku sih pada paham kalo' sebenernya menghafalkan nilai-nilai sudut istimewa dan positif-negatif-nya nilai fungsi trigonometri itu nggak serumit ngafalin tabel tapi sesederhana mencerna grafik. Apa sama susahnya ya mencerna grafik? Gini, kalo buat aku tabel itu abstrak, grafik masih lebih mending ada wujudnya ada gambarnya. Ya iyalah, namanya juga grafik.

Contoh ni ya, grafik sinus:

Grafik sinus yang cantik itu proses bikinnya seperti ini:

Kalo diikutin proyeksi nilai-nilai istimewa ke sumbu x, ketemulah kalo sin 30o atau sin pi/6 = 1/2, sin 45o atau sin pi/4 = 1/2 akar 2 dan seterusnya. Dan jangan pusing kalo dibolak-balik antara wujud angka dan wujud radian-nya. pi dalam aljabar nilainya emang 3.14, tapi ketika masuk ke dalam fungsi trigonometri pi berubah jadi 180o. Jadi pi/2 = 90o dan seterusnya... Euh, tetep aja njlimet ya?

Biar semakin njlimet mari kita tengok grafik cosinus:

Kalo dicermati, fungsi cos itu adalah fungsi sin yang digeser 90o ke kiri. Dalam bahasa matematika-nya cos x = sin (x+90o). Coba dimasuk-masukinlah nilai x-nya. Jika x = 0, maka cos 0 = sin (0+90o) = sin 90o = 1. Ya to? Boleh buat latihan, coba masukin nilai x untuk sudut-sudut istimewa yang lain.

Geser fungsi nanti aku posting lah di tempet lain. Simpel sih sebenernya, tapi asik (buat menuh-menuhin blog).

Trus yang menarik, sudut-sudut istimewa itu proyeksi di sumbu-y -nya urut kacang. Misal ni ya dari cos 30o, cos 45o, dan cos 60o urut-urutan 1/2 akar 3, 1/2 akar 2, dan 1/2 akar 1. Hehehe. Asik ya? Nggak? Mbok iya aja... daripada dibikin njlimet kan enakan dibawa asik to?? (maksa...)

Nah, kenjlimetan ketiga itu grafik fungsi tangen berikut:

Itu juga urut kacang nilai sudut istimewa-nya: 1 per akar 3, 1, akar 3. urutnya gimana? Ni urutnya: (akar 3)-1, (akar 3)0, (akar 3)1. Urut to?

Dengan mencermati grafik itu kita juga dengan mudah bilang di kuadran apa nilai-nilai fungsi trigonometri itu positif atau negatif.

Hmmm... Tapi buat yang lebih suka ngafalin tabel ya nggak apa-apa ngafalin tabel. Ini sifatnya cuma berbagi sudut pandang aja hehehe, sudut pandang orang yang lebih mudah menyerap informasi secara visual dibandingkan teks.

Oia, aku mau share sedikit rahasia-ku: aku juga nggak hafal nilai2 kuadran & sudut2 istimewa itu. Setiap kali ngerjain soal terkait nilai2 itu, aku harus men-sketsa secara garis besar (sketsa kasar) di kertas orek2-an gambar grafik yg aku butuhin, baru deh inget nilai2-nya.

Selamat Belajar!

Credits given to the source of the images:
http://math.tutorvista.com/trigonometry.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Trigonometry