Tuesday, August 07, 2012

KBB Crumbs : Persamaan Kuadrat

- diekspor dari notes fb 27 Oktober 2009 dengan beberapa editan.

Beberapa orang ada yang bedain materi persamaan kuadrat dan fungsi kuadrat. Yaa .. boleh lah. Aku dulu -kalo nggak salah- belajar kalo yang namanya persamaan itu y-nya sama dengan nol kalo yang namanya fungsi itu y-nya sama dengan f(x). Persamaan kuadrat biasanya bicara soal akar-akar fungsi kuadrat, mencari (xp, 0). Kalo' materi fungsi kuadrat lebih mengeksplorasi tentang perilaku fungsi kuadrat itu sendiri seperti misalnya bagaimana jika determinan fungsi kuadrat (D) lebih besar atau lebih kecil atau sama dengan nol.

Untuk materi persamaan kuadrat sendiri, ada laman wiki yang menurutku cukup komprehensif. Ini: http://id.wikipedia.org/wiki/Persamaan_kuadrat

Jadinya aku nggak perlu nulis materi to di sini ...

Yang perlu diketahui, percaya nggak percaya, soal-soal yang dijadikan tebak-tebakan dalam ujian semacam UN atau SNMPTN itu bermuara pada satu rumus saja: Rumus abc. Yaitu:

Tapi tentu saja sekali lagi, harus dengan pemahaman yang komprehensif. Pemahaman komprehensif itu maksudku ya paham jungkir-baliknya rumus itu. Haduh gimana ya, susah jelasinnya.

Misalnya ni, paling sering kan diminta membuat persamaan kuadrat baru dari persamaan kuadrat yang diketahui; dengan syarat akar persamaan kuadrat baru itu dalam fungsi akar persamaan kuadrat yang diketahui. Ngerjain soal macam itu kan alatnya pakai x1 + x2 dan x1*x2 atau juga ada teka-teki yang melibatkan x1 - x2. Nah, pengutak-atikan akar-akar persamaan kuadrat itu sumbernya rumus abc, seperti misalnya dari rumus abc yang diutak-atik itu lahirlah x1 + x2 = - b/a. Hayo, gimana coba caranya ngutak-atik rumus abc biar jadi kayak gitu?

Selamat belajar!

No comments: