Sunday, August 12, 2012

KBB Crumbs : Pola Soal Bio

-diimpor dari notes fb 11 Oktober 2009

Seperti yang aku janjikan di postingan kemaren, berikut aku share hasil pengenalan pola soal-soal SNMPTN 2003-2008.

Pas liat referensi pelajaran Biologi SMA/MA di KTSP, kok morfologi soal-nya nggak begitu keliatan. So, aku bikin sendiri lah tema-tema itu. Tema yang menurutku nggak terlalu luas pun nggak terlalu spesifik.

Untuk menginterpretasi angka-angka di atas, ada beberapa catatan khusus.

Aku berhenti pada frekuensi kumulatif 74% kurang dikit. Ini terjadi akibat materi biologi yang begitu buanyak sehingga ada materi-materi yang kalo aku kelompokin dengan pemahamanku yang terbatas ini jadi terlalu spesifik ataupun jadi terlalu luas. Di sisi lain kalo ada yang bisa mengerjakan soal biologi sampe 70%, itu udah hebat banget menurutku.

Yang cukup menarik di sini, 3 materi teratas yang meng-cover lebih dari seperlima soal ujian adalah materi yang cukup ideal dari segi wilayah cakupan bahasannya: 1) Paku & Lumut, such as daur hidupnya, sifatnya, nama ilmiahnya, morfologinya; 2) Biologi Sel, Pembelahan Sel & DNA, such as meiosis, mitosis, organel, ribosom, membran sel, replikasi DNA de es be ... ; 3) Daun & Fotosintesis, such as struktur daun (palisade, stomata, etc.), reaksi gelap reaksi terang de el el.

Nah, khusus untuk nomor empat, klasifikasi, itu cukup banyak keluar tapi cakupannya luas. Masak yang ditanyain macam gajah masuk ordo apa, trus taneman ini genusnya apa. Lha modar saja belajar taksonomi yang detailnya sak ndayak itu. Tapi mungkin bolehlah di-review yang keluar apa saja ... gajah, asam jawa, jambu monyet, paus, pinus, spermatophyta de ka ka.

Trus sebenernya ada materi yang total coverage-nya bisa nyampe 17% dari keseluruhan soal: SISTEM ORGAN MANUSIA. Artinya, tiap ujian pasti ada soal tentang sistem organ ini. Masalahnya, sistem organ manusia itu cakupan materinya juga luas. Ada sistem pencernaan, sistem respirasi, sistem sirkulasi darah, sistem ekskresi, sistem hormon (yang cukup dominan), sistem skeletal a.k.a. rangka tubuh. Banyak. Tapi make sense kok kalo’ yang satu ini diujikan. Di Pendidikan Dokter, jurusan paling favorit, materi ini bakal jadi makanan sehari-hari. Dan tentunya para dosen lebih senang kalo’ mahasiswanya sudah punya prerequisite knowledge tentang materi yang satu ini.

Bedah morfologi soal di atas sebenernya juga nggak sahih-sahih amat. Ada materi yang luas banget ... ada yang sedeng ... ada yang cukup sempit, contohnya: ATP. Kenapa aku sendiriin tuh ATP? Jujur aja aku nggak tau itu harus dimasukin mana dan pas pengenalan pola, materi tentang ngitung molekul ATP ini tampak cukup menarik. Contoh lain: Arthropoda. Aku juga berasa aneh sih ni kelompok hewan jadi cukup populer diujikan di antara kelompok-kelompok hewan yang lain. Tapi menurut bibi Wiki, kelompok hewan ini emang filum paling besar dalam dunia hewan.

Ok, segitu dulu interpretasinya. Biar cuma hasil “pattern recognition of the morphology of Biology Exam from an electrical engineer”, lumayanlah buat referensi belajar ...

Selamat belajar!

P.S.:
Again, karena datanya data lama, nggak up-to-date, mungkin bisa kalian bikin sendiri identifikasi dengan data terbaru. Dan mungkin kalo' kalian lebih ngerti Biologi SMA dibanding aku, kalian bisa bikin klasifikasi materi yang lebih bagus daripada klasifikasi di atas. Demikian.

No comments: